Mantan Asisten Stafsus Presiden Yasmin Nur Viral di Medsos, Langsung Minta Maaf

Mantan Asisten Stafsus Presiden Yasmin Nur Viral di Medsos, Langsung Minta Maaf
Mantan asisten staf khusus (stafsus) presiden, Yasmin Nur, meminta maaf atas tindakannya yang telah memicu kegaduhan di media sosial beberapa hari terakhir. Foto: Jpnn.com

SEKILASRIAU.COMMantan asisten Staf Khusus (Stafsus) Presiden yang diketahui bernama Yasmin Nur viral di Medsos sehingga menjadi perbincangan hangat saat ini.

Lantaran viral, Nama Yasmin Nur kini mencuat di penelusuran pencarian trending. Lantas apa yang membuat dirinya ramai dibicarakan?

Dalam pantauan Sekilas Riau, seperti dikutip dari Suara.com, Nama Yasmin Nur tengah menjadi trending di X karena serangkaian pernyataanya soal jabatan asisten stafsus presiden.

Kegaduhan bermula dari perseteruan Yasmin dengan netizen di X.

Dirinya merasa kompetensinya sebagai data analyst direndahkan oleh netizen. Dia lantas merespons hal itu dengan membanggakan jabatannya di istana.

Yasmin Nur mengaku sebagai Asisten Staf Khusus Presiden di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sejak November 2021. Selanjutnya, dia mengundurkan diri pada 2023.

Dikabarkan, Yasmin merupakan alumnus Prodi Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Dia lalu melanjutkan pendidikan di Universitas Pertahanan (Unhan) Sentul pada tahun 2022-2024.

Dirinya memiliki pengetahuan mendalam soal intelijen media strategis, sistem manajemen krisis, fungsi hubungan masyarakat, personal branding dan reframing, serta analisis konten media sosial (SCA). Tidak hanya itu, dia juga peka pada isu-isu dan tren terkait sosial, keamanan, politik dan ekonomi.

Sebelum bekerja sebagai Asisten Staf Khusus Presiden, Yasmin pernah bekerja di Kementerian, perusahaan BUMN, hingga Co-Founder. Yasmin juga sempat bekerja di PT Pertamina (Persero) sebagai Digital Public Relation pada tahun 2018-2019.

Dia juga diketahui pernah bekerja di PT eBdesk Teknologi sebagai Media and Data Analyst pada 2018-2019 dan Secretary Board of Directors di tahun 2019-2020. Lalu Yasmin juga tercatat sebagai Co-Founder Kawal Sidang sejak Januari 2022 hingga saat ini.

Lantas kenapa Yasmin Viral?

Namanya disebut berkali-kali oleh pengguna media sosial setelah terlibat perseteruan dengan pemilik akun X @/luffydcahyo.

Hal itu bermula ketika warganet tersebut membuat thread yang membocorkan seseorang yang kinerjanya tidak jelas. Tapi kemudian Yasmin merasa tersindir dengan cuitan itu. Padahal, dalam cuitan itu tidak menyebut namanya.

“Adek kelas gue berhasil fitnah pekerjaan saya secara ugal-ugalanan. Saya telat nimbrung. Saya tahu perkara ini karena dicolek temen-teman analis. Risih sama twit awur-awurannya,” bunyi cuitan Deho.

“Sudah salah nulis gelar jurusan. Eh salah pula gosipin kerjaan orang! Gue heran lo ada masalah apa?!” kata Yasmin menanggapi cuitan milik Dheo.

Yasmin Nur lantas mengancam akan membawa masalah ini ke jalur hukum. “Laporin Bareskrim nggak yah udah pernah sih menjarain orang kasian banget tapi abis gitu nasib-nasib mereka kena opsus (operasi khusus),” ujarnya.

Cuitan Yasmin itu direspon sinis oleh warganet. Tak sedikit yang menilai bahwa Yasmin terlalu sombong. Tak tinggal diam, Yasmin mengaku sebagai Asisten Staf Khusus Presiden yang punya kredibilitas.

Yasmin Nur Minta Maaf

Sebagainana dilansir dari Jpnn.com, Mantan asisten staf khusus (stafsus) presiden, Yasmin Nur, meminta maaf atas tindakannya yang telah memicu kegaduhan di media sosial beberapa hari terakhir.

Dia menyadari pernyataan kontroversialnya di Instagram dan X telah menyakiti hati masyarakat.

“Saya Yasmin Nur, dari lubuk hati terdalam memohon maaf atas segala tulisan yang diunggah di akun sosial media pribadi saya, yang menyinggung pun menyakiti hati masyarakat. Sebagai warga biasa, saya tidak lepas dari kealpaan dalam berucap maupun bertindak,” ujar Yasmin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/9).

Yasmin juga meminta maaf kepada Sekretariat Kabinet yang ikut terseret dalam kegaduhan tersebut.

Dia mengaku bersalah karena tidak menyadari dampak dari perbuatannya terhadap marwah institusi.

Yasmin menambahkan bahwa dirinya telah mengundurkan diri sebagai asisten stafsus Presiden per 2023 lalu.

Oleh karena itu, semua terjadi tidak bersangkut paut dengan instansi atau kelembagaan manapun dan murni menjadi tanggung jawab pribadi sebagai warga negara.

“Saya memohon maaf kepada instansi dan tempat dimana saya pernah menjalani pekerjaan, yang mungkin saja terkena dampak atas tulisan yang sempat diunggah di akun sosial media pribadi saya,” kata Yasmin.

Ia pun siap bertanggung jawab atas segala dampak akibat dari kesalahan perilaku di media sosial. Ia pun menutup media sosialnya sebagai bentuk tanggung jawab agar tidak berperilaku buruk di dunia maya di masa depan.

“Dengan demikian, semalam unggahan saya merespons utas di platform X saya hapus berikut dengan menutup akun pribadi saya. Sebagai warga negara yang patuh pada hukum, tentu saya siap dengan segala konsekuensi yang timbul dari peristiwa ini. Ini adalah murni tanggung jawab saya pribadi,” kata Yasmin.

Yasmin pun mengaku kegaduhan di media sosial menjadi momen dirinya untuk memperbaiki diri.

“Saya menyadari, respon di sosial media adalah pembelajaran bagi saya agar bertumbuh sebagai bagian dari masyarakat untuk terus berbenah dan memperbaiki diri,” kata Yasmin.

Editor: Redaksi