Tak Tegas, Walikota Dumai Kembali Dinilai Lebih Berpihak Kepada Perusahaan

Tak Tegas, Walikota Dumai Kembali Dinilai Lebih Berpihak Kepada Perusahaan

SEKILASRIAU.COM – Walikota Dumai, H. Paisal SKM MARS kembali dinilai tidak tegas menangani perusahaan pelanggar aturan ketenagakerjaan.

Hal ini disampaikan kembali oleh salah seorang aktivis buruh Kota Dumai, Ismunandar, pada Senin (21/11/2022).

Ia menilai Walikota Dumai H. Paisal, SKM MARS lebih memihak kepada perusahaan di Kota Dumai ketimbang hak-hak tenaga kerja lokal.

Ismunandar juga menjelaskan, terlalu banyak perusahaan yang melanggar aturan ketenagakerjaan, maka akan banyak pula merugikan tenaga kerja lokal.

“Baik dari segi upah, keberlangsungan kerja dan sampai kehilangan nyawa, karena kelalaian pihak perusahaan tidak mentaati peraturan seperti menyelenggarakan K3,” ungkapnya kepada media ini, (21/11/2022).

Lanjut Ismunandar, Jika Walikota Dumai H. Paisal terus bersikap dingin terhadap permasalahan di bidang ketenagakerjaan, maka akan banyak tenaga kerja lokal yang tergusur haknya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

“Bahkan akhir -akhir ini sudah banyak menjadi korban kecelakaan kerja seperti di area kerja PT. SJIO, PT. SDO dan PT. Envitec Multi Indonesia, tapi tak ada tindakan dari Walikota,” terang Ismunandar.

Ismunandar menilai semua ini terjadi akibat Walikota Dumai, Disnaketrans Dumai dan Disnakertrans provinsi Riau yang tidak komitmen, tidak berani memberi sanksi tegas terhadap perusahaan yang melakukan pelanggaran aturan ketenagakerjaan yang sudah ada.

“Kami menilai sikap Walikota dan Disnakertrans seperti lebih melindungi kepentingan perusahaan ketimbang perlindungan hak tenaga kerja lokal,” tegas Ismunandar.

Ditambahkannya lagi, selagi Walikota Dumai, H. Paisal tidak tegas dalam hal ini, selagi itu pula situasi Kota Dumai akan terus menerus tidak kondusif.

“Kami mendesak kepada Walikota Dumai untuk memberikan sanksi tegas terhadap perusahaan pelanggar aturan ketenagakerjaan, jangan di tunda-tunda, terbukti melanggar, sikat langsung,” pinta Ismunandar.

“Ayoklah bersama-sama kita ciptakan situasi kondusif di Kota Dumai ini, jangan menjadi pemimpin menunjukkan sikap keegoaan nya aja,” sambung Ismunandar.

Sementara itu, Walikota Dumai, H. Paisal, SKM MARS saat konfirmasi dimintai tanggapannya, masih enggan memberi keterangan, hingga berita ini diterbitkan.

Penulis: Do