BSPN DPC PDI Perjuangan Kota Dumai Laksanakan Pelatihan Pelatih Saksi Daerah

SEKILASRIAU.COM – DPC PDI Perjuangan Kota Dumai melaksanakan Pelatihan Pelatih Saksi Daerah tingkat kecamatan Kota Dumai. Pelatihan Pelatih Saksi dilaksanakan oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau dan DPC PDI Perjuangan Kota Dumai sebagai penyelenggara.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai Sabtu hingga Minggu, 19 – 20 November 2022 di Hotel Grandzuri Dumai.

Untuk memenangkan Pemilu 2024, seluruh kader PDI Perjuangan harus giat turun dan bersatu dengan rakyat. Ini menjadi komitmen seluruh jajaran partai. Salah satunya, dengan mempersiapkan saksi mengawal dan mengamankan perolehan suara pada Pemilu 2024 mendatang.

Uber Firdaus, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Dumai
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Dumai, Uber Firdaus

Kepala BSPN DPC PDI Perjuangan Kota Dumai Gusri Effendi menyampaikan, “bahwa kegiatan pelatihan pelatih saksi merupakan perintah dari DPP PDI Perjuangan, meskipun pemilu masih lebih dari setahun namun DPP sudah menyiapkan strategi untuk pemenangan pemilu di tahun 2024 mendatang”.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, kita berharap para peserta pelatih dapat mengikuti setiap materi yang diberikan oleh BSPN DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau dan bisa menerapkannya ke tahapan pelatihan tingkat ranting”, tutup Gusri.

Baca juga : DPC PDI Perjuangan Kota Dumai gelar Rapat Konsolidasi Pemenangan Pemilu 2024

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Dumai Uber Firdaus dalam sambutannya menyampaikan, “berdasarkan data sementara bahwa tingkat pemilih di Kota Dumai jumlahnya terus meningkat, ini erat kaitannya dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu mendatang yang pasti akan bertambah”.

“DPC PDI Perjuangan Kota Dumai akan mempersiapkan lebih dari 2000 saksi yang nantinya akan diberi pelatihan dan akan di tempatkan disetiap TPS. Ini menjadi tanggung jawab, dan dari sekarang kita minta BSPN Kota Dumai sudah menyusun strategi persiapan termasuk Rancangan Anggaran Biaya untuk pemilu 2024 mendatang”, ucap Uber

Uber berharap para pelatih saksi yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan ilmu yang diterima dengan baik, sehingga kelak melahirkan saksi partai yang handal, yang dapat meminimalisir pelanggaran dan kecurangan pada Pemilu 2024 mendatang.
BSPN DPC PDI Perjuangan Kota Dumai Laksanakan Pelatihan Pelatih Saksi Daerah
Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, H. Syafaruddin Poti, SH, MM

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau, H. Syafaruddin Poti, SH, MM menyampaikan sambutan sekaligus membuka Pelatihan Pelatih Saksi Daerah yang di selenggarakan BSPN DPC PDI Perjuangan Kota Dumai.

“BSPN PDI Perjuangan merupakan organisasi kepartaian standar mutunya mendapat pengakuan oleh International. Dengan begitu, BSPN tidak hanya berjuang dalam kerangka pemenangan pemilu melalui saksi yang tersedia, melainkan juga menjaga NKRI, menanamkan ideologi Pancasila dan memegang teguh kebhinekaan”, ujar Poti

“Saksi partai di masing-masing tingkatan tugasnya mengawal dan memastikan suara aman dari tingkat TPS, KPPS,dan KPU Kabupaten/kota, kuncinya adalah disiplin. Saya yakin karena luas wilayah kota Dumai yang aksesnya sangat mudah dijangkau, berbeda dengan kabupaten/kota yang lain di Provinsi Riau, dengan disiplin dan terlatih, Kota Dumai bisa mencapai target pemenangan Pemilu mendatang’, tutup Poti.

Kegiatan pelatihan pelatih saksi dihadiri Kepala BSPN Provinsi Riau Ir.Jhon Darisman Girsang.SH, Wakil Kepala Bidang Dua Manuhar Silaen.SH, Kepala Biro Pemetaan dan Survey  Henok Tambunan.S,Kom, Sekretaris Dra.Nining Viveriani sekaligus pemberi materi pelatih saksi daerah, anggota DPRD Kota Dumai Fraksi PDI Perjuangan, dan jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Dumai.

Materi pelatihan selama dua hari meliputi sistem kerja pengorganisasian regu penggerak pemilih dan saksi, pengawalan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih, pengamanan pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. (HK02)

Baca Sekilasriau.com di GoogleNews